pendidikan kewarganegaraan dan tamansiswa
Jawaban
UAS
1.
Menurut saya Pendidikan Bela Negara di
Indonesia sudah diusahakan oleh pemerintah dengan baik, sudah adanya
penerapan-penerapan nilai nilai Pancasila dalam dunia pendidikan dan
masyarakat. Di Indonesia dalam dunia pendidikan sudah diajarkan dari tingkat PAUD,
TK (taman kanak-kanak), SD (sekolah dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA
( sekolah Menengah Atas ) hingga perguruan tinggi. Sejak PAUD sudah dikenalkan
dengan bendera merah putih betapa penuh perjuanganya untuk memperoleh
kemerdekaan, diberikan contoh tindakan serta norma-norma bangsa Indonesia,
nilai kebangsaan, sehingga melalui pendidikan anak diajarkan sejarah
kemerdekaan bangsa Indonesia, memperingati hari kemerdekaan Indonesia saat 17
Agustus adalah kegiatan rutin yang dilakukan kalangan pendidikan Indonesia
untuk mengingatkan jasa para pahlawan yang gugur membela tanah air. Pendidikan Bela
Negara di Indonesia menurut saya sudah sesuai dengan tujuan pendidikan di
Indonesia. Pendidikan dengan penerapan nilai nilai pacasila dan nilai
kebangsaan, agar generasi penerus bangsa dapat mempertahankan rasa
nasionalisme, patriotisme sepanjang hidupnya. Pendidikan
Bela Negara Disesuaikan dengan pengembangan kreativitas anak anak Indonesia,
melalui tindakan dan muatan kurikulum berbasis karakter. Karena Indonesia
adalah Bhineka Tunggal Ika walaupun berbeda beda tetapi tetap satu jua.
Sehingga banyak perbedaan yang memungkinkan untuk terjadi perpecahan.
Pendidikan Bela Negara adalah usaha untuk menyadarkan masyarakat dan generasi
penerus bangsa untuk terus membela NKRI. Sebagai upaya pemahaman pendidikan di
Indonesia kepada masyarakat, di Indonesia ada hari Bela Negara ditetapkan pada
19 Desember sebagai Hari Bela Negara, Upaya ini sebagai aksi mengingat kejadian
sejarah bahwa Belanda mengumumkan tidak adanya lagi Negara Indonesia. Pemahaman
sejarah melalui ilmu yang masuk dalam kurikulum sekolah adalah cara agar
generasi penerus bangsa menghormati jerih payah para pahlawan, bahwa
kemerdekaan Indonesia adalah hasil jerih payah para pahlawan terdahulu. Jasa pahlawan
adalah awal kehidupan cerah di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2.
Kelebihan dan kekurangan Demokrasi
Pancasila
Kelebihan
Demokrasi Pancasila :
Menyeimbangkan
kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok. Seperti jiwa kekeluargaan yang
menyatu. Lebih mengutamakan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi,
dan kepentingan tertentu.
Negara
indonesia memiliki suku budaya, kepercayaan, perbedaan yang banyak sehingga
pancasila sangat cocok untuk dijadikan pedoman Demokrasi Pancasila.
Musyawarah
mufakat untuk mengambil keputusan bersama dan sistem kekeluargaan sangat cocok
untuk masyarakat indonesia, karena banyak perbedaan yang dapat disatukan dengan
Bhineka Tunggal Ika.
Penerapanya
demokrasi pancasila mudah untuk semua kalangan baik anak- anak sampai orang
dewasa.
Kekurangan :
Dibutuhkan rasa kesadaran
yang tinggi dalam diri setiap orang untuk menerapkan demokrasi pancasila dalam
kehidupan.
Apabila ada seseorang
atau kelompok yang egois, mementingkan diri sendiri ataupun mementingkan
kelompok dapat memecah persatuan yang ada.
Keasadaran masyarakat
harus tinggi adanya Demokrasi Pancasila, bahwa negara ini adalah kesatuan yang
tidak boleh pecah.
Banyaknya kultur negara
indonesia, semakin banyak ancaman yang datang untuk menghancurkan demokrasi
yang ada.
3.
10 Pilar Demokrasi Konstitusional
Indonesia menurut Pancasila dan UUD 1945, yaitu:
1)
Demokrasi yang Berketuhanan Yang Maha Esa
Dalam
beraktfitas harus di landasi dengan pedoman ketuhanan yang maha esa. Masyarakat
harus menerapkan konsep ketuhanan, kebebasaan memeluk agama, memiliki
kepercayaan dengan prinsip Ketuhanan yang
ada di Indonesia.
2)
Demokrasi dengan kecerdasan
Kebebasan
yang dimiliki setiap rakyat harus dilandasi pengetahuan, sikap dan kecerdasan
dalam tindakannya. Sehingga masyarakat mengerti betul dan paham perbuatannya.
Hak dan kewajiban masyarakat selaras dengan kecerdasan pemahaman.
3)
Demokrasi yang berkedaulatan rakyat
Kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat, prinsipnya rakyat
memegang kedaulatan, rakyat memiliki keuasaan, aspirasi rakyat sangat penting
untuk menjaga keseimbangan pemerintahan. Di Indonesia Aspirasi rakyat di
tampung oleh DPR dsn DPD.
4)
Demokrasi dengan rule of law
Demokrasi dengan aturan hukum yang jelas. Hukum memiliki
kedudukan tinggi dan secara pasti dapat menjamin keadilan bagi rakyat. Hukum
arus teratur dan penerapannya harus adil bagi seluruh warga negara. Tidak boleh
ada perbedaan penerapan hukum, semua sama setara penerapannya untuk rakyat
Indonesia di depan mata hukum. Sehingga demokrasi dengan keadilan hukum
tercapai.
5)
Demokrasi dengan pemisahan kekuasaan
negara
Kekuasaan Negara RI tidak terbatas secara hukum. Secara sah
ada pembagian kekuasaan untuk kepentingan negara. Diatur dalam ketentuan
demokrasi indonesia.
6)
Demokrasi dengan hak asasi manusia
Demokrasi menjunjung tinggi hak asasi manusia dan derajat
manusia itu sendiri, setiap manusia memiliki hak asasi yang sama di depan
hukum.
7)
Demokrasi dengan pengadilan yang merdeka
Demokrasi memberlakuan sistem pengadilan merdeka, adil,
jujur. Semua warga negara mendapat haknya sesuai aturan hukum yang tegas.
Pengadilan memberi keadilan penuh bagi semua kalangan masyarakat di hadapan
hukum. Tidak boleh ada pembedaan perlakuakan pengadilan, karena hak semua warga
sama di mata hukum.
8)
Demokrasi dengan otonomi daerah
Ada pembatasan kekuasaan legislatif dan eksekutif di tingkat
pusat, kekuasaan Presiden ada batasanya. Daerah memiliki
kewenangan mengatur daerahnya sendiri, daerah mengerti karakateristik dan
solusi yang tepat untuk mengatur pemerintah daerahnya. Daerah dapat mengatur
otonominya untuk keejahteraan daerahnya.
9)
Demokrasi dengan kemakmuran
Demokari
Kemakmuran untuk membangun kemakmuran untuk kepentingan semua rakyat Indonesia.
Bukan kepentingan pribadi atau golongan tertentu maupun golongan yang berkuasa.
10) Demokrasi
yang berkeadilan sosial
Demokrasi berkeadilan harus merata di negara Indonesia. Tidak
boleh ada perbedaan sikap negara terhadap rakyatnya. Semua sesuai dengan porsi
keadilan sesuai dengan UUD 1945.
4.
Geopolitik dan Geostrategi Indonesia untuk
menjaga keutuhan negara menurut saya harus ditingkatkan lagi, melalui ayuran
hukumyang jelas dan transparan bagi masyarakat, harus ada kebijakan yang jelas,
baik aturan dari presiden pemerintahan pusat maupun daerah. Tujuan Geopolitik
dan Geostrategi harus menguntungkan negara, dan pelaksanaannya harus
menyeluruh. Tidak ada perbedaan harus seimbang dan merata bagi semua golongan
dan daerah kesatuan Negara Republik Indonesia. Semakin majunya teknologi
semakin banyak tantangan, apalagi untuk daerah perairan indonesia sangat luas
seperti kasus laut Natuna. Banyak kapal asing mengambil ikan, mencuri kekayaan
milik Indonesia. Kapal asing berlayar seenaknya di perairan indonesia untuk
memeras kekayaannegara Indonesia. Kegiatan ini merugikan negara dan merugikan
nelayan kecil. Hak rayat harus di penuhi negara dan negara wajib menjaga
kesatuan dengan membuat strategi yang tepat sasaran. Keseimbangan pola
pemerintah dan dukungan rakyat dapat memperkokoh kekuatan Geopolitik dan
Geostrategi indonesia.
5.
Peran Tamansiswa dalam masa perjuangan
Peran Tamansiswa adalah sebagai badan
perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat yang menggunakan pendidikan
untuk mencapai cita-citanya. Rasa nasionalisme sudah ada lingkungan Tamansiswa
sejak masa perjuangan masa Belanda sampai sekarang. Nilai kebangsaan ditanamkan
untuk selalu menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Indonesia harus keluar dari
penjajahan yang tidak manusiawi. Bagi Tamansiswa, pendidikan merupakan usaha
perjuangan untuk merubah kehidupan seseorang, pendidikan sebagai jalan keluar
dari kemiskinan dan kebodohan. Pendidikan akan membawa kesejahteraan untuk
semua masyarakat yaitu mewujudkan manusia Indonesia yang merdeka lahir dan
batinnya. Manusia yang memiliki watak dan akhlak yang baik. Awalnya pendidikan
masa kolonial Belanda hanya bisa didapatkan kaum bangasawan, rakyat pribumi
yang miskin tidak bisa memperoleh kesempatan pendidikan. Dengan ide Ki Hadjar
Dewantara saat ia dalam pengasingan ia ingin membuat ide dan mewujudkan idenya
dengan kerja keras para anggota Tamansiswa, sehingga memberikan hasil rakyat indonesia tidak dijajah dan memiliki
pengetahuan. Pengetahuan akan membawa
perubahan dan selaras dengan jiwa nasionalisme Tamansiswa yang tinggi dan
berhasil mencerahkan kehidupan pendidikan Indonesia, sehingga Indonesia keluar
dari ketidakadilan pola pendidikan yang ada.
Perjuangan
Tamansiswa Setelah Merdeka
Peran
Tamansiswa setelah kemerdekaan Nasionalisme yang diperjuangkan Tamansiswa
dipadukan dengan berbagai ajaran Ki Hadjar Dewantara, ajarannya sangat cocok di
berbagai zaman peradaban. Sangat relevan dan dapat diterapkan di seluruh bangsa
Indonesia. Rasa nasionalisme kebangsaan yang diusung tamansiswa sangat
berpengaruh dalam segi kehidupan, apalagi era modern saat ini banyak masalah
yang berkaitan dengan etika moral seperti korupsi, kolusi, nepotisme. Kegiatan
merugikan bangsa adalah perilaku kurang memahami nilai kebangsaan dalam
dirinya. Tamansiswa meninggalkan pedoman dan aturan yang sudah dibuat untuk
membuat suatu negara akan jadi baik dan selaras antar anggota rakyatnya. Menurut
KI Hadjar Dewantara membuat ajaran Trilogi Kepemimpinan bahwa sebagai pemimpin ada
tiga ajaran. pertama Pantangan menyalahgunakan wewenang atau kekuasaan, kedua
pantangan menyelewengkan keuangan dan ketiga Pantangan melanggar kesusilaan.
Inilah semagat nasionalisme kebangsaan yang mementingkan masyarakat, sehingga
seorang pemimpin harus adil dan menjiwai kebangsaanya dengan menjalankan amanah
rakyat.
Dalam
dunia pendidikan TRI PUSAT PENDIDIKAN adalah warisan tamansiswa untuk bangsa
indonesia, ada 3 lingkup kehidupan anak yang berpengaruh dalam proses
pendidikannya. Lingkup keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Lingkup
anak harus baik karena ruang itu adalah tempat anak untuk mengeksplor
kemampuannya sehingga anak akan mendapatkan ajaran baik. Ajaran baik untuk anak
akan mempengaruhi sikap, tindakan anak dalam kehidupannya.

bagus, semoga hari harimu menyenangkan salam kenal dariku
BalasHapusterimakasih,salam kenal juga.
HapusHave a nice day.